Selasa, 22 Juni 2010

Sejarah Surabaya

Nama Surabaya diambil dari simbol ikan Sura dan Buaya. Banyak versi yang menunjukkan lahirnya nama Surabaya ini. Apabila kita melihat sejarah yang pernah terjadi, dahulu terjadi pertempuran hebat di kawasan Ujung Galuh (nama kota Surabaya di masa lalu) yang mempertemukan pasukan yang dipimpin Raden Wijaya dengan pasukan tentara Tar-Tar pada tanggal 31 Mei 1293. Tanggal itulah yang hingga kini dijadikan tanggal kelahiran kota Surabaya. 

Letaknya yang berada di daerah pesisir menjadikan kota Surabaya sering dilalui oleh hilir mudik pedagang dan semua kalangan sehingga menjadikan kota ini sebagai daerah transit dari seluruh wilayah pelosok nusantara dan dunia. Sejak 1612 pelabuhan Surabaya telah menjadi salah satu pelabuhan yang ramai di nusantara. Para pedagang Portugis yang datang untuk membeli rempah-rempah dari warga pribumi menjadikan daerah Surabaya semakin tersohor dan dikenal dunia luar.

Surabaya juga tidak lepas dari perjuangan pada masa kemerdekaan Republik Indonesia. Puncaknya  yaitu peristiwa Heroik di hotel Oranye (sekarang hotel Mojopahit) yang di masa itu menjadi simbol kolonialisme berhasil ditaklukkan arek-arek Suroboyo yang tak kenal lelah dalam mengusir penjajah  untuk mempertahankan bumi pertiwi. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 10 November 1945, dan karena kegigihannya hingga kini tanggal 10 November dijadikan sebagai hari Pahlawan dan kota Surabaya juga mendapatkan gelar sebagai kota Pahlawan. Sebagai bukti, masih banyak bangunan-bangunan bersejarah kuno yang masih lestari dan cukup banyak di kota Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar