Rabu, 07 Juli 2010

Budaya di Surabaya

Budaya di Surabaya. Surabaya dapat dikatakan sebagai kota multi etnis. Etnis dari berbagai belahan dunia ada di kota pahlawan ini, ada etnis Melayu, China, India, Arab dan Eropa. Etnis yang berasal dari Nusantara pun tak kalah banyak, sebut saja etnis Jawa, Madura, Batak, Kalimantan, Bali, Sulawesi, dan masih banyak lagi. Hal ini menjadi sebuah ciri khas tersendiri bagi kota Surabaya karena dari berbagai macam etnis yang ada, mereka tetap bisa membaur baik dengan penduduk asli Surabaya.

Suatu masyarakat pada setiap daerah pasti memiliki ciri khas yang dapat membedakannya dari daerah lain. Begitu juga di Surabaya, kota yang lebih terkenal dengan sebutan kota pahlawan ini memiliki berbagai budaya yang sangat menarik dan khas. Apabila Anda berkunjung ke Surabaya, akan sangat mudah Anda jumpai budaya masyarakat dengan sikap pergaulan yang sangat egaliter, terbuka, terus terang, kritik dan mengkritik. Bahkan kesenian tradisional dan kuliner khasnya telah mencerminkan pluralisme Budaya di Surabaya.
Budaya daerah,  tradisi dan gaya pergaulan merupakan suatu ciri khas tersendiri yang dapat menarik minat para wisatawan dari berbagai daerah di penjuru dunia dan nusantara. Begitu juga di kota pahlawan ini terdapat berbagai jenis budaya tradisional yang sangat menarik, bahkan antara budaya tradisional dan budaya modern dapat menyatu dan menimbulkan sebuah ritme yang padu. Budaya di Surabaya yang cukup terkenal adalah Undukan Doro, Musik Patrol, dan Manten Pegon. Tidak hanya itu saja, masih ada banyak lagi budaya dan hal-hal menarik yang dapat Anda temukan di Surabaya.
Salah satu upaya dalam rangka melestarikan Budaya di Surabaya, pemerintah kota Surabaya secara rutin mengadakan seleksi Cak dan Ning Surabaya yang pemenangnya akan menjadi duta budaya kota Surabaya. Menarik bukan? apabila Anda tertarik untuk mengikuti audisi Cak dan Ning Surabaya ini memang ada sedikit ketentuan yang dapat Anda tanyakan langsung ke pihak yang mengadakan seleksi. Namun terlepas dari itu, sebuah kebanggaan tersendiri terutama bagi warga kota Surabaya bila terpilih menjadi Cak dan Ning Surabaya.
Tunggu apalagi, ayo mlaku-mlaku dan nikmati segala keindahan Panorama Surabaya salah satunya dengan mengenal dan mengetahui akan beragamnya kultur atau Budaya yang ada di Surabaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar