Senin, 12 Juli 2010

Wisata Bahari Surabaya

Wisata Bahari. Ya, Surabaya sebagai kota yang secara geografis terletak di daerah pesisir membuat kota pahlawan ini memiliki berbagai macam bentuk keindahan laut dan baharinya.  Dari sekian banyak keindahan itu, ada satu tempat yang memiliki nilai sejarah tinggi yang patut untuk diketahui dan dikenang oleh warga Surabaya khususnya dan bagi masyarakat luas secara umumnya. Tempatnya seperti apa sih? tenag dulu, akan saya beri sebuah gambaran sederhana untuk menebak seperti apa lokasi tersebut. Tempat ini merupakan sebuah wilayah perdagangan dan tempat bongkar muat barang kapal-kapal dengan tongkang-tongkang dan perahu. Tempatnya di daerah Surabaya Utara. Sudah tahukah jawabannya? Ya, benar. Pelabuhan Kalimas namanya.


Pelabuhan Kalimas merupakan salah satu wisata bahari yang dimiliki oleh Surabaya. Sebuah wilayah yang sedari dulu sudah ramai dikunjungi oleh berbagai macam pedagang dari pelosok negeri. Bahkan hingga kini pun pelabuhan ini masih ramai dikunjungi. Banyak sejarah yang diukir oleh pelabuhan ini karena dahulu sebelum ada pelabuhan tanjung perak, pelabuhan kalimas merupakan pelabuhan utama yang menjadi tujuan para pedagang. Selain itu, letaknya juga sangat strategis yaitu berada di muara sunga kalimas dan dekat dengan jembatan yang sangat terkenal. Coba tebak nama jembatan tersebut? Tidak perlu ragu lagi jembatan itu adalah Jembatan Merah.

Pada saat sekarang ini Pelabuhan Kalimas diwujudkan sebagai Wisata Bahari Surabaya yang perlu dilestarikan dan dikembangkan, untuk mengenang sungai kalimas sebagai tempat perdagangan dan pelabuhan air serta nilai-nilai sejarah yang terkandung didalamnya. Tidak cukup dengan itu saja, untuk menambah semaraknya Pelabuhan Kalimas dan  Wisata Bahari Surabaya,  pemerintah kota Surabaya mengadakan berbagai kegiatan yang diantaranya adalah perahu hias. Tentu hal ini digunakan sebagai magnet untuk mendatangkan wisatawan-wisatawan lokal maupun asing untuk datang ke Surabaya.

Jadi tunggu apalagi, tak perlu diragukan lagi dan segera mampir jalan-jalan di kota pahlawan Surabaya dan nikmati segala keindahan alam salah satunya adalah Wisata Baharinya serta temukan berbagai kenyamanan Panorama Surabaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar